Kali ini kita bakal review headset Miniso, review headphone Miniso dan review earphone Miniso yang lagi hype di kalangan muda, karena selain desainnya yang lucu dan simpel, harga barang yang dijual cukup terjangkau buat kantong pelajar. Jadi buat kalian yang nyari earphone bagus murah, produk Miniso salah satu solusinya! Sebelumnya, Miniso adalah perusahaan retail yang didirikan oleh entrepreneur Tiongkok Ye Guofu (sekaligus CEO) dan bekerja sama dengan desainer Jepang Junya Miyake (btw desainer-desainer Jepang itu terkenal punya jiwa estetik yang tinggi jadi wajar produk-produknya punya desain yang menarik). Miniso ini sudah berdiri sejak 2011 dan berpusat di Guangzhou, Tiongkok. Ritel Miniso ini sudah tersebar di benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Afrika lho! Jadi buat yang bertanya-tanya kalau headset miniso bagus gak, kalian ga usah khawatir dengan kualitasnya. Ga usah panjang-panjang lagi, ini dia list produk headset, headphone dan earphone Miniso yang bagus!

1. Miniso Official Wireless Headset Light Model

Miniso Official Wireless Headset Light Model

Headset wireless seri light model ini memiliki desain yang kokoh dan terdapat lampu LED dibagian luarnya yang menyala mengikuti alunan irama musik. Kesan pertama kali ketika memakai headset ini yaitu sangat nyaman digunakan karena earpads dan headband dilengkapi dengan cushion yang cukup tebal dan berbagai jenis instrumen terdengar dengan jelas pada headset ini. Untuk pengoperasiannya juga cukup mudah, hanya dengan mengkoneksikan headset ini dengan smartphone atau music player menggunakan bluetooth. Dan tidak usah khawatir jika perangkat pemutar musik anda tidak mendukung bluetooth, maka bisa juga menggunakan kabel AUX. Selain itu, terdapat tombol navigasi on/off, pause/stop, next dan previous. Untuk harga headset miniso seri wireless light model ini dibanderol sekitar Rp 420.000 di Bukalapak.

Kelebihan:

Kelebihan utama dari headset ini tentu saja terletak pada fitur wirelessnya, sehingga kita ga perlu ribet soal kabel yang kusut, belibet, putus, dll. Karena cukup dengan bluetooth kita dapat mengkoneksikan headset dengan smartphone atau perangkat pemutar musik lainnya. Selain itu, headset ini nyaman digunakan dalam waktu lama karena cushion pada earpads dan headband nya tebal. Ditambah lagi suara yang dihasilkan membuat musik terdengar detil, sehingga anda bisa mendengar instrumen-instrumen pada suatu lagu dengan lebih jelas. Dan last but not least kita dapat pouch dari setiap pembelian wireless headset miniso ini, yang tentunya sangat bermanfaat untuk melindungi headset kita saat disimpan maupun dibawa bepergian.

Kekurangan:

Kekurangan dari headset ini yaitu harga belinya relatif mahal yaitu Rp 420.000 dan lampu LED yang menyala-nyala dibagian samping terkesan berlebihan (tapi tergantung selera masing-masing juga sih ✌️)

Kesimpulan

Headset ini memiliki fitur yang lengkap seperti tersedianya microphone, koneksi bluetooth, output suara yang detil, tombol navigasi dan kenyamanan dalam pemakaian. Pada box juga sudah dilengkapi dengan kabel charging, namun sayang tidak dengan adapternya sehingga mengharuskan kita untuk beli atau bisa dengan menggunakan adapter charging smartphone. Untuk setiap pembelian unit headset ini pun diberikan pouch, sehingga tidak perlu khawatir headset ini rusak, kotor atau lecet ketika dibawa bepergian dan disimpan didalam tas.

2. Miniso Classic Headphone

Headphone miniso seri classic ini memiliki desain yang simple, sesuai dengan namanya \”Classic Headphone\”, desainnya cocok untuk kalian yang suka dengan desain yang tidak mencolok, basic dan praktis karena seri ini memiliki fitur foldable sehingga mudah dibawa kemana-mana dan hemat tempat penyimpanan. Ditambah lagi headphone ini nyaman digunakan. Bahkan untuk pemakaian pribadi cukup nyaman dipakai berjam-jam. Seri tipe classic ini juga didukung dengan jack connector 3.55 mm dan kabel tipe L, jadi kalian tidak perlu khawatir kabelnya tertekuk. Selain itu, headphone ini sudah dilengkapi dengan microphone, sehingga bisa dipakai untuk streaming, telepon, dll. Untuk harga headphone Miniso seri Classic ini dibanderol Rp 139.000.

Kelebihan:

Untuk kelebihan dari headphone ini, suara vocal yang dihasilkan jernih tanpa noise sedikitpun. Lalu dentuman bass nya berasa walaupun tidak se-punchy Sony Extra Bass, untuk harga dibawah 150rb-an sudah terbilang cukup. Desain yang simple juga membuat kita pede pakai headphone ini karena tidak terkesan norak. Dan yang tidak kalah penting, headphone ini nyaman untuk dipakai karena cushion pada earpads dan headband cukup empuk.

Kekurangan:

Untuk pembelian produk ini tidak disertai dengan pouch, sehingga mengharuskan kita untuk membelinya agar headphone kita lebih terlindungi dan aman ketika dibawa bepergian.

Kesimpulan

Dengan harga yg dibanderol cukup murah yaitu Rp 139.000 saja anda sudah dapat membawa pulang headphone yang memiliki desain dan output suara yang bagus. Memiliki fitur foldable pun membantu kalian agar menghemat ruang penyimpanan ketika hendak dibawa pergi atau disimpan di kamar. Dan yang tidak kalah penting lagi yaitu nyaman digunakan, karena tidak jarang headphone dengan kisaran harga yang sama tidak memiliki kenyamanan seperti headphone ini.

3. Miniso HiFi Metal Earphones

Miniso HiFi Metal Earphones

Produk Miniso yang satu ini sudah cukup terkenal kualitasnya, dan bahkan YouTuber asing seperti zpolt menyatakan bahwa earphone ini memiliki build quality bagus dengan harga terjangkau. Desain yang \”shiny\” dan hampir menyerupai dengan Samsung AKG, earphones ini memiliki build quality yang baik untuk kisaran harga Rp 150rb-an dan ditunjang dengan jack yang sudah gold plate, dan eartips yang lembut, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi Audiophiles terhadap earphone ini.

Kelebihan

Kelebihan dari earphone ini yaitu memiliki desain dan build quality yang bagus, dari bahan lapisan luar kabel yang halus housing yang terlihat seperti terbuat dari logam/metal, eartips yang halus sehingga nyaman ditelinga dan memiliki dua pasang eartips cadangan. Karakter suara yang dihasilkan warm, menghasilkan frekuensi mid yang lebih baik dibandingkan Xiaomi Pistons dan cukup punchy pada suara bass namun tidak terlalu boomy. Fitur Hi-Fi (High Fidelity) ini memproduksi suara yang mirip/mendekati dengan audio aslinya.

Kekurangan

Untuk seseorang yang ingin mendengarkan musik dalam EQ flat, earphone ini \”kurang bagus\” karena karakter suara yang dihasilkan warm dan mid-centric. Sehingga kurang cocok untuk pendengar yang ingin mendengarkan lagu akustik dengan vokal yang detail.

Kesimpulan

Miniso hifi metal earphone review ini, menurut kami overall earphone ini memiliki kualitas yang baik, dimulai dari build quality nya yang tergolong baik untuk harga dibawah 200rb rupiah, untuk kualitas suara dilengkapi dengan fitur Hi-Fi, sehinggar earphone miniso hifi ini menghasilkan audio yang mendekati audio aslinya, untuk kemudahan saat pemakaian, ditunjang dengan adanya mic dan tombol navigasi (pause, play, next, volume up, volume down) dan eartips lembut yang memberikan kenyamanan saat dipakai membuat earphone ini menjadi paket lengkap untuk kalian yang menginginkan kualitas earphone dengan output suara dan desain yang bagus. Namun, bagi sebagian orang yang menginginkan earphone flat atau mengutamakan suara vokal, mungkin earphone ini kurang cocok, karena earphone ini memiliki karakter mid-centric dan warm. Untuk varian warna tersedia tiga varian warna yaitu gold, silver dan rose gold.

4. Miniso Strong Bass Earphones

Earphones ini tampil dengan metallic housing dan terdapat lubang udara dibagian belakang atas yang berfungsi agar pengguna tetap bisa mendengar suara dari keadaan sekitar, contohnya ketika sedang ada di bandara atau stasiun kita tetap dapat mendengarkan informasi keberangkatan karena suara datang dari arah atas kita. Earphones ini menggunakan dengan kabel flat dan terdapat bonus earphones case di setiap pembeliannya.

Kelebihan

Overall look, tanpa brand Miniso earphones ini akan terihat seperti merk Sony ketika digunakan, earphones ini terlihat dan terasa seperti earphone mahal padahal harganya kurang lebih 100rb-an Rupiah. Kenyamanan dalam pemakaian pun diatas rata-rata, sehingga dapat digunakan sampai dengan enam jam pemakaian tanpa masalah. Kabel flat dan earphones case nya pun memudahkan pengguna agar earphones mudah untuk disimpan dan kabelnya tidak mudah kusut. Untuk kualitas suara bass dan mid sangat bagus, sesuai dengan nama di serinya, namun tetap mengedepankan detail instrumen lainnya, jadi suara bass yang dihasilkan tidak lebay.

Kekurangan

Noise isolation dirasa kurang akibat dari lubang udara yang membiarkan suara dari atas dapat masuk dengan maksud agar kita tetap aware dengan lingkungan sekitar. Dan komponen tombol navigasi nya yang terbuat dari material plastik dirasa agak ringkih.

Kesimpulan

Earphone ini merupakan solusi bagi bass head yang menginginkan kualitas dengan harga yang terjangkau. Bass yang detail dan punchy namun tidak lebay, kualitas suara mid range yang baik tanpa mengorbankan frekuensi low dan high, serta housing yang terbuat dari material seperti metal membuat earphones ini tampak kokoh dan tidak murahan. Ditambah kabel flat dan earphones case nya yang membuat earphones ini mudah aman untuk dibawa kemana-mana tanpa khawatir kabelnya kusut. Namun earphone ini kurang versatile karena memang difokuskan untuk suara bass yang detail dan punchy. Sehingga ketika mendengarkan beberapa genre lagu seperti akustik, rock, pop atau jazz suaranya akan kurang cocok dibandingkan ketika mendengarkan lagu EDM atau lagu lainnya yang mengedepankan suara bass (contoh: Billie Eilish – Bad Guy).

Sekian review beberapa produk headset, headphone dan earphones dari Miniso. Silahkan berikan komentar Anda tentang pengalaman berbelanja produk Miniso 🙂